Minggu, 22 Februari 2015

Kuliner Serang: Pecak Bandeng Sawah Luhur

Pecak bandeng adalah makanan khas Banten, selain sate bandeng. Pecak bandeng dibuat dari ikan bandeng dan di tambah sambal khasnya. Aku mengunjungi rumah makan pecak bandeng tanpa duri. Tapi aku heran kok pecak bandeng tidak ada durinya? setahuku sih ikan bandeng itu paling banyak durinya.

Hari ini aku mengunjungi  rumah makan "Pecak Bandeng Tanpa Duri" di Kepandean sebelum Lotte Mart. Tapi aku heran kok pecak bandeng tidak ada durinya? setahuku sih ikan bandeng itu paling banyak durinya. Aku penasaran sekali.

Aku, adikku, ibuku, dan ayahku memesan es markisa, markisa hangat, air mineral, dan ice lemon tea beserta pecak bandeng nya. Pecaknya bermacam-macam, ada pecak bandeng bumbu rujak, pecak bandeng kombinasi, pecak bandeng original, dll. Selain itu ada makanan lainnya, seperti otak-otak, roti bakar, kangkung, karedok, sayur asem, dll. Rumah makan pecak bandeng ini adalah cabang Sawah Luhur. Pecak bandeng Sawah Luhur ini sangat terkenal di daerah Serang.

Harganya macam-macam. Kata ibu, harganya mahal. Satu porsi pecak bandeng yang besar sekitar 30-40 ribu. Ada juga yang paket, terdiri dari pecak bandeng + bumbu, nasi, sayur asem dan teh botol, harganya 65 ribu/paket. 1 paket untuk satu orang. Kata ayah, iya mahal, karena buat ngilangin durinya lama. Coba belinya pecak bandeng pakai duri, pasti lebih murah, kata Ayah. Hahaha.

Kami mencoba pecak bandeng kombinasi. Jadi dinamakan kombinasi karena sambalnya ada 3 macam, yaitu sambal ijo, sambal kecap dan sambal cabe merah. Selain itu kami juga mencoba otak-otaknya sambil menunggu pecak bandengnya jadi.

Setelah lama aku menungu akhirnya datang juga pesanan ku. Ikan bandengnya dibakar ternyata. Setelah aku cicipi dan ku lahap sampai habis ternyata benar, pecak bandeng nya tidak ada durinya!!!
Mungkin benar kata Ayah, pecak bandengnya mahal, karena untuk menghilangkan durinya lama, perlu orang banyak.

Disana juga ada tempat bermain nya lho, juga ada musola nya jadi kalau kita mau sholat kita bisa sholat di situ. Musholanya terletak dekat parkiran. Hari ini, banyak pengunjung datang ke rumah makan pecak bandeng cabang Sawah Luhur yang letaknya di Kepandean. Kapan-kapan aku ingin coba yang di Sawah Luhur, katanya disekelilingnya banyak sawah.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Aku seneng main ayunannya ca..

Unknown mengatakan...

Iya aku juga...!

Posting Komentar

 

Naylal Azka's Diary Published @ 2014 by Ipietoon